Selasa, 08 April 2014

KONTRIBUSI BUDAYA LOKAL PADA SENI BUDAYA DI INDONESIA



KONTRIBUSI BUDAYA LOKAL PADA SENI BUDAYA DI INDONESIA
A.    PENDAHULUAN
            1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
            Indonesia merupakan Negara yang mempunyai beragam kebudayaan, tidak dipungkiri slogan “ Bhineka Tunggal Ika “ merupakan symbol yang diakui dunia sebagai wujud dari bersatunya semua kebudayaan . hal tersebut merupakan kedahsyatan bagaimana Indonesia bisa mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan keutuhan bangsa padahal memiliki suku yang berbeda-beda.
Bangsa yang plural ini , sangat dihargai Negara lainnya karena mampu bersatu dalam satu wadah , yaitu Negara Indonesia. Oleh karena itu, dalam rangka mempersatukan bangsa , melestarikan budaya merupakan faktor yang essensial .
Untuk mencegah pengaruh yang buruk, dan upaya untuk melestarikan dan mempersatukan budaya perlu adanya KONTRIBUSI dari semua pihak.
Kontribusi adalah Segala bentuk tindakan dan pemikiran yang bertujuan untuk mewujudkan sebuah cita-cita bersama.
Kontribusi pemerintah dan masyarakat merupakan wujud dari sebuah pengabdian dalam mewujudkan tujuan cita-cita bangsa dalam membesarkan Negara ini , salah satunya yaitu melestarikan budaya.

            1.2 RUMUSAN MASALAH
                  1. Apa saja kontribusi yang telah dilakukan pemerintah dan masyarakat dengan
                      Budaya di Indonesia ?
                  2. Apa yang harus dilakukan mahasiswa untuk untuk mengkontribusikan budaya
                      lokal ?
           
1.3TUJUAN
Tujuan dari kontribusi budaya lokal pada seni budaya di Indonesia adalah agar budaya-budaya lokal terangakat masuk menjadi budaya nasional dan dikenal di seluruh Indonesia bahkan sampai ke dunia internasional, dengan adanya kontribusi maka budaya akan terjaga dengan baik karena pemerintah dan masyarakat ikut andil dalam menjaga budaya kita. Langsung aja kita bahas materi ini.

B.     PEMBAHASAN
1. Apa saja kontribusi yang telah dilakukan pemerintah dan masyarakat dengan
          Budaya di Indonesia ?
Kontribusi pemerintah dan masyarakat merupakan wujud dari sebuah pengabdian dalam mewujudkan tujuan cita-cita bangsa dalam membesarkan Negara ini , salah satunya yaitu melestarikan budaya.
Kontribusi pemerintah dalam melestarikan kebudayaan adalah :
1. Mempublikasikan kebudayaan Indonesia kepada dunia seperti dengan memanfaatkan media cetak, maupun elektronik ;
2. Memberikan perhatian yang penuh terhadap kebudayaan – kebudayaan daerah agar kebudayaan tersebut tidak luntur dari masyarakat / agar tidak punah;
3. Memberi kesempatan setiap daerah dalam melestarikan budaya-nya seperti lewat pariwisata;
4. Menjaga kebudayaan dengan menciptakan stabilitas Negara yang aman dan kondusif;
5. Menciptakan perekonomian yang stabil sehingga pariwisata yang berhubungan dengan pelestarian budaya ikut berkembang dengan baik.
Selain itu, kontribusi masyarakat dalam pelestarian kebudayaan yaitu :
1. Ikut mempromosikan kebudayaan daerah mereka kepada masyarakat dunia melalui media apa saja, seperti media cetak ataupun elektronik , bahkan dari mulut ke mulut juga merupakan ajang promosi budaya yang ampuh;
2. Ikut memperkenalkan dan mengajarkan kebudayaan kita kepada anak , cucu , kerabat atau semua keluarga agar kebudayaan tersebut tidak luntur dan tetap mendarah daging dalam diri kita;
3.  Memberi kesempatan kepada kebudayaan lain dalam memperkenalkan kebudayaan mereka, hal tersebut mampu menambah wawasan kita dalam memahami kebudayaan orang lain;
4. Menjaga kebudayaan tidak hanya yang berbentuk kesenian namun, sikap dan perilaku masyarakat harus mewujudkan pribadi yang Pancasila;
5. Ikut menjaga dan menciptakan lingkungan yang kondusif dalam bermasyarakat sehingga tercipta masyarakat madani yang berbudaya.
      2. Apa yang harus dilakukan mahasiswa untuk untuk mengkontribusikan budaya lokal ?
o   Membuat Akun Fanspage di facebook
Sekelompok mahasiswa dapat menciptakan ide-ide yang kreatif untuk melestarikan budaya lokal salah satunya dengan cara bembuat fanspage disini kita bisa berbagi informasi sesame pecinta budaya lokal itu sendiri.
o   Menghubungkan Beberapa Media
Di media kita dapat mengiklankan budaya lokal bahkan kita bisa mendatangkan para turis dari mancanegara untuk mempermelihatkan budaya lokal kita .
o   Aktiflah untuk update status ataupun tweet
Kemudian karena diindonesia sedang trend facebook dan twitter kita juga dapat mengiklankan budaya lokal kita ini dengan media jejarin social.
o   Membuat kuis kebudayaan berhadiah
Untuk membuat kuis kebudayaan kita bisa mengadakan perlombaan, karena melalui perlombaan banyak informasi yang di dapat dari berbagai sudut pandang, perlombaan ini dapat diadakan di sekolah atau di universitas, tujuannya agar para pelajar alias generasi bangsa berikutnya dapat melestarikanya.
o   Sebarkanlah semangat melestarikan budaya lokal
Kita dapat melestarikan budaya lokal dari lingkungan terdekat dahulu.

C.    PENUTUPAN
2.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang kita dapat adalah untuk tetap terjaganya budaya lokal marilah kita menghargai Antara sesama suku/ras yang ada diindonesia, karena setiap ras dan suku memiliki budaya lokal yang unik dan menarik untuk kita pelajari, dan budaya dapat tersingkir ketika para generasi bangsa melupakanya, dalam arti kata mereka lebih asik dengan budaya asing yang datang ke Indonesia secara perlahan melalui media yang sekarang lebih canggih.
2.2 Refensi 01 april 2014
      http://miracledy.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar