Jumat, 15 Januari 2016

TUGAS BAGIAN E

1. Tuliskan  ringkasan (sinopsis) cerpen yang anda baca dalam tiga paragraf.

JUDUL : BAPAK PRESIDEN YANG TERHORMAT
PENGARANG : AGUS NOOR

          Cerpen ini mengisahkan seorang rakyat kecil yang ingin bertemu Bapak presiden karena ia ingin memperjuangkan nasib orang-orang di kampungnya agar menjadi lebih baik. Nama sebenarnya ngatijo, namun teman-temannya memanggil peang. Teman-teman sekampungnya tidak terlalu berharap banyak pada rencana peang tentang pengaduan nasibnya kepada presiden, mereka tahu bahwa hal itu tidak mungkin. apalagi setelah kejadian yang dialami oleh dayat, teman sekampungnya.

          Nasib dayat tidak tahu juntrugannya setelah diseret kekantor kelurahan karena dayat mengirim surat diam-diam membeberkan tindakan pak lurah yang main bakar pohon cengkeh serampangan, uang PBB yang sebagian raib, bantuan pusat untuk pengaspalan jalan yang tercecer entah ke mana hingga pasir yang sudah di beli menjadi tak terpakai.

          Walaupun peang sudah tahu tentang nasib dayat, namun dia tetap bersikeras untuk pergi ke jakarta menemui presiden.setelah sampai dijakarta, Berhari-hari tanpa memperdulikan siang-malam, panas-hujan dia berusaha untuk berdiri di pinggir jalan, Melambai-lambaikan tangannya dan berharap mobil presiden melintas serta memperhatikannya, Mendengar tentang pengaduan nasibnya. namun presiden tidak memperdulikan perjuangannya, Sehingga dia hanya bisa berusaha tanpa mendapatkan hasil dari perjuangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar